SISTEM INFORMASI PENYEWAAN LAPANGAN PADA GELANGGANG OLAH RAGA (STUDI KASUS GELANGGANG OLAH RAGA DI DKI JAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.31884/random.v2i2.29Kata Kunci:
Sistem Informasi Penyewaan GOR Agile XP Berbasis WebAbstrak
Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dilakukan secara teratur untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Oleh karena itu pemerintah menyediakan fasilitas bagi masyarakat berupa Gelanggang Olah Raga (GOR). Pengelolaan GOR dikelola oleh pemerintah di masing-masing wilayah, sehingga penanganan terhadap GOR di setiap wilayah berbeda. Penelitian ini merancang sistem pelayanan sewa lapangan bulutangkis dimana sistem sebelumnya masih dilakukan secara manual. Masyarakat yang hendak menyewa harus datang ke tempat lapangan bulutangkis terlebih dahulu untuk melakukan pencarian jadwal dan sewa lapangan bulu tangkis. Agar dapat lebih mudah diakses, sistem dikembangkan menggunakan aplikasi berbasis web dengan model Agile Extreme Programming. Yaitu metode pengembangan perangkat lunak yang diawali dengan tahap Planning, Design, Coding, dan Testing. Sistem Informasi ini dapat memberikan informasi terkait lapangan bulutangkis, fitur pencarian lapangan bulutangkis dan pemesanan lapangan bulutangkis. Hasil pengujian alpha menunjukkan bahwa sistem yang dibangun sudah berjalan dengan baik. Kemudian hasil pengujian beta dari hasil kuesioner menggunakan metode analisis skala likert dan berpatokan model Kaplan dan Norton menunjukkan bahwa dari 20 orang pengguna dan pengelola diperoleh hasil rata-rata kepuasan 3,36 yang berada pada tingkatan ‘cukup memuaskan’. Berdasarkan hasil pengujian alpha dan beta tersebut, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi penyewaan berbasis web ini telah sesuai dan memenuhi kebutuhan pengguna dan pengelola lapangan bulutangkis.
Unduhan
Referensi
Harsuki, MA. Perkembangan Olahraga Terkini. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2003
J. Suprihanto, Manajemen. UGM PRESS, 2018.
Mulyati, Ajay Supriadi, Alim Imaduddin. Rental Building and Event Equipment Application at the
Arcadia Function Hall Web-Based. 2019.
Bagas Setiawan, Shandi Noris. Sistem Informasi Reservasi Penyewaan Penggunaan Gedung
Lapangan Bulutangkis Berbasis Web. 2020.
Maimunah,Hariyansyah,Galu Jihadi. Rancang Bangun Aplikasi Penyewaan Lapangan
FutsalBerbasis Web. 2017.
Ridwan Renaldi, Dimas Aryo Anggoro. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sekolah Menengah
Atas / Sederajat di Kota Surakarta Menggunakan Leaflet JavaScript LibraryBerbasisWebsite. 2020.
Prabu Arta Mandala, Kurniawan. Penerapan Metode Extreme Programming (XP) pada
Pengembangan Sistem Informasi Penyewaan LapanganOlahraga (SIPELA). 2022.
Chandra Yuliansyah, Diwi Apriana, Nurfitri andayani. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PEMESANAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS WEB PADA CENTRO FUTSAL. 2021.
Ron Jeffries,november 8 2001,Xprogramming, http://xprogramming.com/book/whatisxp/ diakses
Oktober 2016.
Chandra Puspitasari, S. M. Metode pada Agile Development: Extreme Programming (Bagian 1).
[Online], 2022
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Journal of Informatics and Computing
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.