SISTEM INFORMASI PENYEWAAN LAPANGAN PADA GELANGGANG OLAH RAGA (STUDI KASUS GELANGGANG OLAH RAGA DI DKI JAKARTA)

SISTEM INFORMASI PENYEWAAN LAPANGAN PADA GELANGGANG OLAH RAGA (STUDI KASUS GELANGGANG OLAH RAGA DI DKI JAKARTA)

Penulis

  • Ari Maulana Tanri Abeng University
  • Tri Wahyu Widyaningsih Tanri Abeng University

DOI:

https://doi.org/10.31884/random.v2i2.29

Kata Kunci:

Sistem Informasi Penyewaan GOR Agile XP Berbasis Web

Abstrak

Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dilakukan secara teratur untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Oleh karena itu pemerintah menyediakan fasilitas bagi masyarakat berupa Gelanggang Olah Raga (GOR). Pengelolaan GOR dikelola oleh pemerintah di masing-masing wilayah, sehingga penanganan terhadap GOR di setiap wilayah berbeda.  Penelitian ini merancang sistem pelayanan sewa lapangan bulutangkis dimana sistem sebelumnya masih dilakukan secara manual. Masyarakat yang hendak menyewa harus datang ke tempat lapangan bulutangkis terlebih dahulu untuk melakukan pencarian jadwal dan sewa lapangan bulu tangkis. Agar dapat lebih mudah diakses, sistem dikembangkan menggunakan aplikasi berbasis web dengan model Agile Extreme Programming. Yaitu metode pengembangan perangkat lunak yang diawali dengan tahap Planning, Design, Coding, dan Testing. Sistem Informasi ini dapat memberikan informasi terkait lapangan bulutangkis, fitur pencarian lapangan bulutangkis dan pemesanan lapangan bulutangkis. Hasil pengujian alpha menunjukkan bahwa sistem yang dibangun sudah berjalan dengan baik. Kemudian hasil pengujian beta dari hasil kuesioner menggunakan metode analisis skala likert dan berpatokan model Kaplan dan Norton menunjukkan bahwa dari 20 orang pengguna dan pengelola diperoleh hasil rata-rata kepuasan 3,36 yang berada pada tingkatan ‘cukup memuaskan’. Berdasarkan hasil pengujian alpha dan beta tersebut, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi penyewaan berbasis web ini telah sesuai dan memenuhi kebutuhan pengguna dan pengelola lapangan bulutangkis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Harsuki, MA. Perkembangan Olahraga Terkini. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2003

J. Suprihanto, Manajemen. UGM PRESS, 2018.

Mulyati, Ajay Supriadi, Alim Imaduddin. Rental Building and Event Equipment Application at the

Arcadia Function Hall Web-Based. 2019.

Bagas Setiawan, Shandi Noris. Sistem Informasi Reservasi Penyewaan Penggunaan Gedung

Lapangan Bulutangkis Berbasis Web. 2020.

Maimunah,Hariyansyah,Galu Jihadi. Rancang Bangun Aplikasi Penyewaan Lapangan

FutsalBerbasis Web. 2017.

Ridwan Renaldi, Dimas Aryo Anggoro. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sekolah Menengah

Atas / Sederajat di Kota Surakarta Menggunakan Leaflet JavaScript LibraryBerbasisWebsite. 2020.

Prabu Arta Mandala, Kurniawan. Penerapan Metode Extreme Programming (XP) pada

Pengembangan Sistem Informasi Penyewaan LapanganOlahraga (SIPELA). 2022.

Chandra Yuliansyah, Diwi Apriana, Nurfitri andayani. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

PEMESANAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS WEB PADA CENTRO FUTSAL. 2021.

Ron Jeffries,november 8 2001,Xprogramming, http://xprogramming.com/book/whatisxp/ diakses

Oktober 2016.

Chandra Puspitasari, S. M. Metode pada Agile Development: Extreme Programming (Bagian 1).

[Online], 2022

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

[1]
Ari Maulana dan Tri Wahyu Widyaningsih, “SISTEM INFORMASI PENYEWAAN LAPANGAN PADA GELANGGANG OLAH RAGA (STUDI KASUS GELANGGANG OLAH RAGA DI DKI JAKARTA)”, J. Inf. Com, vol. 2, no. 2, hlm. 63–72, Nov 2023.
Loading...