SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DI SD NEGERI 01 WINDUAJI
DOI:
https://doi.org/10.31884/random.v2i2.16Kata Kunci:
Library, Information System, Education, SDLCAbstrak
Perpustakaan merupakan sebuah fasilitas yang dimiliki oleh institusi Pendidikan dalam upaya pelayanannya di bidang Pendidikan. Peranan perpustkaan sangat penting dalam menyediakan buku-buku ilmiah untuk kalangan siswa dan guru dengan upaya memberikan pelayanan yang maksimal. Era digital sekarang ini buku beralih media yang awalnya hanya berupa lembar kertas dan sekarang berupa gambar atau tulisan digital. Dalam sistem informasi perpustakaan yang biasanya dalam pencatatan menggunakan lembaran kertas berbentuk pembukuan, misalnya data buku, data peminjaman dan lain-lain. Dengan menggunakan sistem yang masih secara manual akan membuat resiko kehilangan data dan kerusakan buku besar, dalam proses pencarian datanya juga membutuhkan waktu yang lama. Akan lebih mudah dan praktis Ketika sistem informasi dikelola secara terkomputerisasi dengan baik.
SDLC adalah metode yang digunakan untuk membangun sistem informasi Perpustakaan di SD Negeri 01 karena metode ini yang dalam pelaksanaannya terbilang efektif dan efisien. Sistem informasi Perpustakaan berbasis web meliputi master anggota, master buku, transaksi, laporan, denda dan petugas yang nantinya bisa menginput semua data menggunakan sistem secara terkomputerisasi untuk memudahkan petugas perpustakaan.
Pengujian sistem yang dilakukan menggunakan blackbox testing oleh bapak Adimas selaku pengelola Perpustakaan di SD Negeri 01 Winduaji membuktikan bahwa sistem informasi Perpustakaan di SD Negeri 01 Winduaji bisa berjalan dengan baik dengan perolehan persentase 90% atas keberhasilannya dan diharapkan sistem pengelolaan yang dibuat dapat meringankan pengelolaan Perpustakaan di SD Negeri 01 seperti dalam master anggota, master buku, transaksi, laporan, denda dan petugas di SD Negeri 01 Winduaji.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Journal of Informatics and Computing
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.